Inilah pengertian hemoroid atau wasir

Pengertian Wasir


Wasir atau hemoroid ialah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala. Jika saja terdapat gejala wasir, biasanya yang sering terjadi adalah :

- Benjolan tergantung di luar anus. Benjolan ini biasanya harus di dorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
- Pendarahan setelah buang air besar. Warna darah bewarna merah terang.
- Mengalami gatal gatal di sekitar anus.
- Terdapat lendir setelah buang air besar.
- Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus.
- Dan lain lain.

Wasir atau hemoroid adalah penyakit yang umum terjadi. Pada usia 50 tahun, hampir setengah orang dewasa menderita gatal gatal, tidak nyaman, dan pendarahan. Ini bisa menandakan munculnya hemoroid atau sering di sebut wasir.

Pembuluh darah bisa saja membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat, ini di sebut sebagai hemoroid internal. Pembengkakan juga bisa terjadi di luar anus yang terasa nyeri, yaitu dekat lubang anus, di sebut sebagai hemoroid eksternal.

Penderita wasir di indonesia

Menurut para depkes pada tahun sekitar 2007 - 2008, prevalensi hemoroid atau wasir di indonesia setidaknya sampai 5,7 persen dari total popilasi atau sekitar 9 sampai 10 juta orang. Menurut WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 222 sampai 230 juta orang.

Berkonsultasi kepada dokter

Apabila gejala yang muncul terus menerus tidak membaik, alangkah baiknya konsultasikan kepada dokter. Terutama jika anda mengalami pendaraha atau merasar perih. Gejala hemoroid biasanya hilang dengan sendirinya. Selain itu, kondisi ini bisa di sembuhkan dengan pengobatan sederhana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gejala Gejala pada penyakit Wasir atau Hemoroid