Gejala Gejala pada penyakit Wasir atau Hemoroid

Gejala wasir


Kembali lagi dengan kami yang sebelumnya membahas tentang Pengertian Wasir Atau Hemoroid dan kali ini akan membagikan sedikit artikel tentang Gejala Wasir Atau Hemoroid . Mari simak di bawah ini .

Gejala yang muncul akibat wasir atau hemoroid pada umumnya ringan, Gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari saja. Namun, Gejala ini bisa sangat serius apabila tidak di atasi dengan cepat. Berikut gejala yang sering muncul adalah :


  • Kotoran keluar dengan sendirinya melalui anus.
  • Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.
  • Mengalami gatal gatal atau iritasi, sakit, merah dan bengkak di sekitar anus.
  • Pendarahan setelah buang air besar tanpa rasa nyeri. Warna darah biasnya berwarna merah terang.
  • Benjolan tergantung di luar anus yang terasa nyeri dan insentif. Benjolan ini biasanya di dorang kembali ke dalam setelah buang air besar.


Pembengkakan juga bisa terjadi di luar anus yang terasa nyeri, yaitu dekat dengan lubang anus, di sebut juga sebagai hemoroid eksternal dan pembuluh darah bisa membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat ini di sebut sebagai hemoroid internal.

Jadi, Hemoroid internal dan eksternal perbedaannya adalah pembengkakan yang berbeda seperti yang di jelaskan seperti di atas bahwa hemoroid internal adalah pembengkakan di dalam anus tetapi tidak terlihat. Sedangkan, hemoroid eksternal adalah pembengkakan terjadi di luar anus yang terasa nyeri.

Klasifikasi hemoroid


Hemoroid bisa di golongkan lebih jauh lagi tergantung kepada ukuran dan tingkat keparahannya.


  • Tingkat satu : Pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus.
  • Tingkat kedua : Pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus saat anda buang air besar dan masuk kembali dengan sendiri saat sudah selesai buang air.
  • Tingkat ketika : Satu atau lebih benjolan kecil yang menggantung dari anus dan bisa di dorong untuk masuk kembali.
  • Tingkat keempat : Benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa di dorong kembali.


Jika anda mengalami gejala hemoroid yang parah, konsultasikan kepada dokter. Pemeriksaan pendarahan rektum harus di lakukan ketika terjadi. Ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui kemungkinan kondisi yang lebih serius.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah pengertian hemoroid atau wasir